Tuesday, November 16, 2010

Mengapa Indonesia Masih Termasuk Negara Berkembang?

Satu pola berpikir yang digunakan oleh orang-orang Indonesia adalah (seringkali) melihat sesuatu hal dari sudut pandang (yang boleh disebut) negatif, merugikan, dan lain-lain. Sementara orang-orang dari negara maju cenderung untuk tidakmenggunakan sudut pandang demikian. Orang-orang Indonesia (mungkin) terlalu sibuk meratapi keadaan, sementara mereka-mereka yang berpandangan maju, selalu berfokus untuk bagaimana memanfaatkan keadaan yang ada untuk pencapaian tujuan mereka. Kita bisa jadi (masih) negara berkembang karena kita masih memikirkan keadaan sekarang (secara negatif), ketimbang berbuat sesuatu (yang positif).

Saya pikir, ketika kita ingin memfokuskan diri pada sesuatu, sudah saatnya bagi kita untuk tidak fokus pada yang lain. FOKUS ITU PENTING! Ketika kita ingin fokus pada sesuatu yang baik, sudah saatnya kita tidak lagi memikirkan yang buruk. Ketika kita ingin fokus pada sesuatu yang positif, sudah saatnya bagi kita untuk meninggalkan yang buruk. Ketika kita ingin fokus pada suatu pekerjaan, hendaknya kita –sudah atau belum sama sekali– mengerjakan pekerjaan yang lain. Jangan mengerjakan lebih dari satu pekerjaan dalam waktu yang sama.

Sebenernya Indonesia tidak ada kekurangannya, SDA berlimpah, penduduknya pintar-pintar. Tetapi, yg menjadi kendala adalah orang Indonesia itu kebanyakan yg malas dan sombong.
Indonesia dikenal karena orang-orangnya ramah-ramah, tapi apakah saat ini masih di kenal seperti itu?
coba kita berpikir sekali lagi untuk membangun Indonesia supaya menjadi negara yg maju!

Semoga ini menjadi bahan renungan saya dan kita semua. Amien.

No comments:

Post a Comment